Sunday, February 23, 2020

Rekomendasi Film Korea Paling Mengharukan

Rekomendasi Film Korea Paling Mengharukan



The Himalayan
Film The Himalayas ini menceritakan tentang dua sahabat bernama Hong Gil dan Mu Taek. Kedua sahabat ini berprofesi sebagai penakluk gunung-gunung ekstrim di dunia. Mereka berada di titik puncak karier dengan terpilih menjadi tim 14 untuk menaklukkan gunung Himalaya.
Ternyata selama perjalanan tidak berlangsung lancar dan mengakibatkan cedera cukup parah yang mengakibatkan Hong Gil pensiun dari dunia mendaki. Beberapa tahun kemudian Hong Gil bekerja sebagai traineer terkenal, sedangkan Mu Taek masih menjadi seorang pendaki gunung.

Mu Taek di kabarkan akan mendaki gunung Everest. Hingga berakhir pada Mu Taek meninggal dalam perjalanan. Hong Gil yang mengetahui kejadian ini merasa bersalah karena kematian sahabatnya, Hong Gil lalu berangkat untuk mencari keberadaan Mu Taek, dan Hong Gil lalu membuat tim penyelamatan untuk mencari jenazah Mu Taek. Film ini selain mengharukan, menurut gue sangat sesuai dengan kehidupan nyata pada umumnya yaitu hubungan antar sahabat.

Hope
Film yang keluar pada tahun 2008 ini cukup menguras air mata. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan berumur 8 tahun yang menjadi korban kekerasan seksual.

Anak perempuan bernama Sowon ini di kenal sangat pintar dan cantik. Kejadian ini berawal dari perjalanan Sowon menuju sekolahnya, hingga bertemu dengan seorang pria mabuk. Sowon di pukul oleh pria tersebut hingga di perkosan, kejadian ini membuat Sowon mengalami trauma fisik dan psikologis, Sowon tidak lagi mau bertemu dengan pria bahkan ayah nya sendiri.

Sowon mencoba melawan trauma tersebut dan mendapat beberapa bantuan dan dukungan dari orang terdekat di sekitarnya. Hati-hati ya guys, kita ngga pernah tau apa yang akan terjadi beberapa jam kedepan.
Silenced
Film yang mengisahkan seorang guru yang menyelidiki kasus penyiksaan yang dialami muridnya, di angkat dari sebuah novel yang menceritakan kisah nyata. Film ini rilis pada tahun 2011.

Kang In Ho merupakan seorang guru kesenian di sebuah sekolah berkebutuhan khusus di sebuah desa yang jauh dari kota Seoul, Mujin. Kang In Ho kemudian menemukan beberapa fakta yang mengejutkan, seperti ada sebagian murid yang mengalami kekerasan fisik dan seksual oleh guru dan kepala sekolah.

Kang In Ho kemudian melakukan penyelidikan bersama seorang aktivis HAM bernama Seo Yu Jin. Kejadian ini, membuat Kang In Ho ingin seluruh dunia mengetahuinya. Kasus ini di persulit oleh para staff sekolah, polisi hingga kepala sekolah menutupi kasus tersebut. Bahkan pihak sekolah meminta bantuan hakim untuk menutupi kasus ini.

Melalui banyak rintangan, Kang In Ho tetap akan memperjuangkan Hak para murid. Film ini cukup menarik, dari segi visual dan cerita. Dan gue rekomendasikan film ini ditonton umur 17 tahun keatas yaa.

New Trial
Kemudian New Trial, film yang di perankan oleh Kang Ha Neul sebagai Hyun-Woo ini menceritakan tentang kisah nyata yang di angkat dari ruang lingkup hukum. Hyun-Woo merupakan satu-satunya saksi yang melihat kejadian kasus pembunuhan supir taksi yang terjadi 15 tahun lalu. Tapi, nasib Hyun-Woo sangat tidak baik, ia d tuduh sebagai pembunuh supir taksi tersebut dan di penjara selama 10 tahun lamanya.

HIngga suatu hari, Joon-Young seorang pengacara ahli keuangan ini mendengar kasus yang menimpa Hyu-Woo. Joon-Young membantu Hyu-Woo untuk menyelidiki kasus yang menimpanya secara mendalam dan membantu membersihkan nama Hyu-Woo dari tuduhan pembunuhan.

Film ini menggambarkan bahwa mencari keadilan itu benar-benar susah. Apalagi untuk orang biasa yang sama sekali tidak memiliki tittle bahkan harta untuk menebusnya.

Han Gong Ju
Film yang tayang tahun 2013 ini menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Han Gong Ju. Pada tahun 2004, pemerkosaan oleh sekelompok anak SMA yang bernama Geng Miryang terjadi di sekolah menengah atas di Korea Selatan dan menelan korban sebanyak 41 siswa selama 11 bulan. 

Mengenai kasus ini, polisi setempat sempat mengalami kontroversial selama menangani kasus yang terjadi. Kontroversi ini terjadi, karena pelaku menganiaya para korban dan memperlakukan para pelanggar hukum dengan sangat lemah.

Film ini menggunakan plot twist maju mundur, agar efek sikologis yang di rasakan korban sangat terasa. Pada akhirnya, pengadilan mengirim lima tersangka ke pusat penahanan remaja dan tidak satupun dari mereka yang dihukum karena tuduhan criminal. Sedih banget ya guys :’)

Children
Film ini menggambarkan, ketika lima anak laki-laki pergi untuk menghabiskan hari liburan nasional, saat lburan mereka menangkap seekor katak di Gunung Waryong dan tidak pernah kembali. Sekelompok anak-anak ini kemudian di kabarkan menghilang pada 26 Maret 1991 dan tubuh mereka baru ditemukan 11 tahun kemudian.

Penyebab awal kematian mereka diyakini karena kedinginan atau hipotermia. Investigasi yang sedang di lakukan mengungkapkan bahwa tiga tengkorak anak-anak ini menunjukkan bekas benda tumpul dan adanya penembakkan dibagian kepala. Kasus yang tidak kunjung mendapatkan keadilan ini terpaksa di tutup pada tahun 2006. Selain berjudul Children, ada juga film yang menceritakan tentang kasus yang sama ini berjudul ”Come Back, Frog Boys”.

Dari beberapa rekomendasi di atas, ada yang sudah kalian tonton? Beri pendapat kalian di kolom komentar yaa!

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search