Tuesday, October 6, 2020

Review Reply 1988, Manis Pahit Gang Ssangmun

Review Reply 1988, Manis Pahit Gang Ssangmun

Reply 1988

Siapa yang ga tau drama korea fenomenal satu ini?


Drama korea ini menceritakan tentang 5 keluarga yang tinggal di Ssangmun Dong pada tahun 1988. Drama yang tayang pada tahun 2015 lalu, dibintangi oleh Hye Ri, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, Ryu Jun Yeol, dan Lee Dong Hwi.


Film ini masih sangat hits dikalangan pecinta film dan masih banyak di tonton hingga saat ini. Dengan genre film Keluarga, Komedi dan Romance, film ini mampu menggiring emosi dan penasaran para penontonnya. Walaupun berlatar belakang tahun 1988, film ini gak uno-kuno banget, guys. Tetap di bawa dengan asyik dan ga ngebosenin.  Kekeluargaan dari film ini berasa banget guys, apalagi ibu-ibu yang sering ngegosip di depan gang sambal ngegodain anak-anak dan para suami yang baru pulang.


Dalam film ini kita akan bertemu dengan 4 remaja laki-laki bernama Kim Junghwan, Choi Taek, Sun Woo, Dong Ryung dan 1 perempuan Deok Sun. Kita kenalan dulu ya sama masing-masing karakter, yang pertama adalah pemeran utama dari film ini yaitu Deok Sun, Deok Sun ini memiliki karakter yang ceria banget, pencair suasana dan baik bangettt. Deok Sun punya kakak perempuan bernama Sun Bora yang super gila dan galak segang rumah dan adik perempuan bernama No Eul. Ayah Deok Sun ini sering banget berantem sama istrinya perihal beli-beli barang yang ga seharusnya di beli, padahal ekonomi keluarga tuh seret abis. Sampe-sampe skincare si ibu abis bis bis tapi suaminya ga peka juga, guys.


Berbeda dengan Kim Junghwan, Junghwan ini tinggal di atas rumah Deok Sun alias OKB guys. Junghwan ini memiliki karakter yang terlihat cuek banget, padahal aslinya pemerhati banget lho! Junghwan dulunya tinggal di Gudang depan rumah Dong Ryung, karena menang udian Lotre sebesar 100juta Won akhirnya mereka dapat beli rumah besar dan hidup kaya raya. Junghwan memiliki kakak bernama Jung-Bong, Ibu yang galak dan Ayah yang kocak banget! Keluarga ini tidak lagi memikirkan ekonomi masa depan, alias Ayah Junghwan udah bisa pensiun dini. Ayah Junghwan ini sering banget kena omel sama istrinya Mi Ran karena terlalu irit dan sederhana padahal mempunyai uang yang sangat banyak. Mi Ran selalu ingin suaminya membeli barang yang mahal dan mewah.


Kalau Kim Junghwan memiliki Ayah yang kocak, Sun-woo hanya tinggal bertiga dengan Ibu dan adiknya yang lucu banget bernama Jinjoo. Jinjoo ini perannya enak banget, karena selama film Jinjoo akting makan, nangis, tidur dan joget-joget. Sun-woo dan ibunya hidup hanya mengandalkan uang pension dari mendiang Ayahnya yang telah meninggal. Sun-woo ini merupakan anak laki-laki paling pintar dan sopan diantara anak-anak lainnya di gang rumahnya.


Sama dengan Sun-woo yang ditinggal salah satu orangtuanya, Choi Taek ditinggal ibunya saat masih kecil dan pindah ke Ssangmun Dong. Taek hanya sekolah hingga tingkat menengah pertama, kemudian Taek menekuni permainan Go. Taek ini walaupun tampak bodoh dan tidak bisa apa-apa, ia adalah pemenang beruntun permainan Go hingga tingkat Internasional dan mendapatkan hadiah uang hingga ratusan juta won. Walaupun Taek pendiam tidak banyak berbicara seperti ayahnya, ia sangat sayang kepada ayahnya. Berkat datang ke peramal, ibu Sun Woo dan ayah Taek akhirnya menikah, akibat sama-sama suka dan ibu Sun Woo ini perhatiiiian banget sama ayahnya Taek.


Nah kalau yang satu ini paling unik dan berbeda dari yang lain. Dong Ryung. Walaupun Dong Ryung memiliki banyak uang dari orangtuanya ia tampak tidak Bahagia karena selalu tinggal sendirian. Hampir tiap malam ia makan sendiri tanpa orangtua. Orangtuanya cukup sibuk, Ayahnya yang sebagai dekan sekolah dan ibunya sebagai wanita karir yang super sibuk, walaupun ibunya terlihat cuek, aslinya ibunya ini khawatir banget lho sama Dong Ryung. Dong Ryung ini paling takut sama ayahnya karena galak banget di tambah sempet jadi wali kelasnya di sekolah hihi malu banget kalo nilai jelek ya, guys.  Dong Ryung ini salah satu anak di gang yang sering banget baca buku dewasa, walaupun masa lalu tampak suram si Dong Ryung ini sukses membuka usaha restoran bersama kakaknya.


Childhood


Kelima sahabat ini sering banget terlibat masalah bersama-sama dari kecil, jaiiiiil banget. Mulai dari mencetin bel rumah tetangga hingga naik sepeda yang menyebabkan tangan Taek patah. Hampir setiap hari dan weekend mereka berkumpul di rumah Taek untuk menonton film dan makan ramen.


Dalam persahabatan ini ternyata terdapat kisah kasih yang di rasakan oleh Deok Sun, yang pertama adalah saat Deok Sun salah mengira sikap yang diberikan oleh Sun-woo, Sun-woo tampak baik dan selalu meminta pertolongan pada Deok Sun dan rela setiap hari kerumahnya untuk meminjam barang. Hingga akhirnya saat musim salju tiba, Deok Sun menyarankan pada Sun Woo untuk menyatakan cintanya pada saat salju turun hari pertama. Karena merasa tertarik pada saran Deok Sun, Sun Woo akhirnya datang kerumah Deok Sun saat salju turun.


Setibanya Sun Woo datang dan bertemu dengan Deok Sun, Sun Woo malah mencari Sun-Bora, kakak pertama dari Deok Sun, merasa kecewa dengan kenyataan tersebut akhirnya Deok Sun yang sudah terlanjur suka menangis dan marah kepada Sun Woo “kenapa harus kakak ku?”


Jadi selama ini, Sun Woo baik dan selalu meminjam barang kepada Deok Sun adalah untuk melihat Sun-Bora di rumah. Akhirnya Sun Woo menyatakan cintanya di persimpangan gang rumahnya saat Sun Bora pulang.


Dibalik kekecewaan Deok Sun terhadap Sun Woo ada orang yang senang dengan kabar bahwa Sun Woo tidak suka dengan Deok Sun yaitu JungHwan. Walau tampak cuek dan tidak peduli pada apapun, Junghwan diam-diam menyukai Deok Sun dan selalu memperhatikannya. Mulai dari saat ia telat pulang kerumah dan memberikan payung Deok Sun saat hujan turun di tengah malam.


Lama kelamaan Deok Sun menyadari kalau Junghwan menyukainya saat Deok Sun menanyakan saran “apakah aku harus mengikuti kencan buta?” dan Junghwan menjawab “tidak usah”. Deok Sun akhirnya selalu berusaha untuk mendekati Junghwan dan memberikan kado, hingga menunggu lama Junghwan tak juga menyatakan perasaan yang sebenarnya kepada Deok Sun.


Alasan Junghwan tidak menyatakan perasaannya adalah saat sedang bermain bersama para laki-laki gang rumahnya di rumah Taek. Taek bilang kalau dia menyukai Deok Sun sebagai perempuan bukan sebagai teman biasa. Nah di beberapa part ini kalau kalian nonton ada scene dimana Taek dan Junghwan sama-sama tau kalo mereka suka sama orang yang sama dan lamban laun mereka berdua kayak mundur gak lagi ngejar Deok Sun. Mulai dari Taek yang membatalkan nonton dengan Deok Sun.


Hingga mereka lulus sekolah dan sibuk dengan pekerjaan masing-masing, mana di sangka kalo ternyata Junghwan dan Taek masih menyimpan perasaan. Sampai suatu saat mengetahui kalau Deok Sun di kecewakan oleh kencannya, Junghwan dan Taek mengejar Deok Sun hingga ketempat konser yang ingin di datangi Deok Sun.


Siapa hayooo yang menang datang duluan?? Apakah Junghwan si militer gagah atau Taek si pemain Go professional?


Yup, siapa lagi kalau bukan Choi Taek yang datang lebih dulu dari pada Junghwan. Scene ini benar-benar bikin deg-degan banget! Choi Taek rela membatalkan tournament nya demi menemani Deok Sun. Mungkin berawal dari sini nih Junghwan mulai mundur alon-alon merelakan Deok Sun.


Walaupun Junghwan sempat menyatakan perasaannya kepada Deok Sun secara bercanda, itu semua terasa melegakan buat Junghwan yang sampe lupa cincin kelulusannya ketinggalan.


Saat Taek dan Deok Sun tidak sengaja menginap di hotel yang sama, mereka memutuskan untuk makan malam bersama hingga Deok Sun di kunciin sama teman sekamarnya.


Taek merasa ini adalah kesempatan emas untuk menyatakan perasaannya kepada Deok Sun dan mana di sangka kalo Taek langsung nyium si Deok Sun! Siapa yang Ship sama mereka berdua???


Dan akhirnya mereka berdua ini pacaran selama dua tahun sebelum memutuskan untuk menikah, hubungan mereka berdua ini sempat dirahasiakan dari keluarganya karena adanya masalah pada Sun-Bora dan Sun-woo yang memutuskan untuk menikah juga. Kedua belah pihak orangtuanya butuh waktu cukup lama untuk merestui hubungan mereka karena melihat marganya yang sama. Konon katanya orang dulu, apabila memiliki marga yang sama tidak di perbolehkan menikah.


Akhirnya mereka menikah setelah keputusan dari pemerintahan korea bahwa yang memiliki marga sama boleh menikah. Hal ini cukup menyedihkan, gimana perjuangan mereka berdua menutupi hubungannya selama 6 tahun dan  berakhir sulit mendapatkan restu dari orangtua.

--

Deok Sun dan Choi Taek


Apakah kalian sudah menemukan teka-teki misterius kenapa tiba-tiba Deok Sun jatuh cinta sama Taek? Bukan karena tiba-tiba di cium, bukan.


Walaupun sempat jatuh cinta sama Sun Woo dan Jung Hwan, cara Deok Sun jatuh cinta pada Taek ternyata cukup berbeda. Tanpa disadari Deok Sun kalau dia suka dengan Taek, Taek ini sebenarnya selalu muncul dalam pikiran Deok Sun. Seperti saat Taek tidak menggunakan baju yang cukup hangat di musim dingin, hingga saat Taek tidak bisa tidur. Hal-hal itu selalu membuat Deok Sun khawatir dengannya. Jadi, pikiran-pikiran ini muncul secara tidak sadar sampai akhirnya membuat Deok Sun selalu ingin memperhatikan Taek.  


Padahal, Dong Ryong juga pernah nanya ke Deok Sun sebenarnya dia jatuh cinta sama siapa. Dan, yup! Bener aja, Deok Sun sempat kepikiran kalau dia bisa aja suka sama Taek. Tapi baru sadarnya belakangan :p ya namanya juga wanita~~

 

Gimana nih guys, kalian sebenarnya pendukung Taek atau Junghwan? :p

Team diem-diem pemendam rasa atau cuss nyatain kayak Taek?

Yuk, kita diskusi di kolom komentar ya, guys!

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search